Sabtu, 23 Januari 2016

English Village and The Freedom



Sebelumnya, tulisan ini dibuat karena tiba-tiba w kangen Kampung Inggris, kangen Pare Kota Kediri, kangen Jawa Timur.
--

Jadi pas liburan kemaren, w dilempar ibu buat ngabisin liburan di Kampung Inggris, Pare-Kediri, Jawa Timur. Nah jadilah, tanggal 21 Desember 2015 waktu itu, w naik kereta sama ibu, melesat ke Jawa Timur.

Di kereta

Pas nyampe tempat, w nggak langsung belajar dan ikut program. Tapi hari pertama w abisin buat keliling Surabaya. Secara, w belum pernah ke Surabaya. Ngeliat tugu Suro en Boyo ya w langsung cekrek cekrek. Halo dikit cekrek, dadah dikit cekrek. Aplot dah. Gaya ceritanya ada di Surabaya ibu kotanya Jatim tercinta! maklumlah ya :p

Tugu Suroboyo

Daan, besoknya baru dah w ikut program kursus. Dah si Ibu nerusin perjalanan ke Malang, ada agenda sama temen-temennya. W ditinggal di rumah Abi. (Om. w sama sepupu2 manggilnya Abi) ya yaudahlayah, w masih di rumah sodara ini. Yatapi tetep aja sungkan :3

Halaman Elfast :O

Pertama kali w ngeliat tempat kursusannya kaya ngeliat toko sepeda super gede gitu. Soale banyak banget sepeda ngejejer cantik di ruas-ruas halamannya. Nama tempat kursusnya Elfast. Itu singkatan, tapi w lupa apa. Oya, w disana kursusnya nggak sendiri, tapi sama Kiki. Kiki tuh sepupu w dari Merak, yang udah lama direkrut ke Kediri.

W mulai hari pertama kursus di sana dengan kalem dan ayem. Diem aja. Malu lah w kalo banyak ngomong dan SKSD (Sok Kenal Sok Dekeut) gitu. W bukan tipikal orang yang sekalinya ketemu langsung mahir ngobrol gitu. Perlu proses buat asik sama w mah. (lah gaya) *lempar senyum naif*

Program yang w ambil ada lima kelas sehari. *setdah* dari jam tujuh sampe setengah enam sore. Hanjir. Di sekolah w nggak kaya gini. Cuma ada empat pelajaran dan w sering tidur pas gurunya nggak masuk. (lupain) dan di sana, gurunya hadiroh terus. Gaada absen. W pikir sih di sana awalnya bakal mumet banget dan gak asik.

Reka adegannya: (w lagi mikir) “Ih apaan kali, belajar terus di sini mah. Kapan liburannya?!”

 tapi w mikir kaya gitu karena w belum tau aja.

Kalo pada penasaran gimana cara belajarnya di sana, di sini w mau kasih tahu. Karena w ngambil kelas speaking jadi kita para pelajar cuma belajar gimana caranya ngomong. Ga peduli grammar, asal ngebac*t, asal banyak ngoceh, tapi pake bahasa inggris, urusan beres.

Jadi belajarnya terdiri atas permainan-permainan, yang disusun gimana caranya dalem game itu kita dibiasain buat terus ngomong. Contohnya kaya uler tangga pake perintah,(co perintah; ask your friend to say something to the other group!) pernah ada yang sampe disuruh bilang “I love you” ke lawan jenis. Di sana kan tawa kita meledak. Terus ngedeskripsiin temen pake cara konyol, sama game semacam eat bulaga. Yang orang yang tahu jawabannya tinggal jawab YES NO YES NO sedangkan yang nebak ngomongnya kebanyakan.

Hari-hari itu akhirnya w jalanin aja. Lama kelamaan w mulai ngerasa nyaman sama kondisi di sana. Temen-temennya, guru-gurunya, lingkungannya, w suka. Mereka friendly abis, saling ngebantu dan care satu sama lain. Pernah ya, di hari kesekian, ada salah satu murid yang sakit, dan dia muntah di kelas. Secara itu kan ngejijik-in banget, tapi beberapa temen turun tangan dan ngebersihin muntah si doi, sampe nganterin doi balik ke kotsannya :’)

W salutlah sama kebersamaan di sana, walau w ga turun tangan sekalipun, tapi seenggaknya w nggak nunjukin kalo w nggak nyaman ngeliat air muntahan ini ngegenang di ubin kelas. W hargain lah temen-temen w yang lain, yang malah udah baik banget ngebantu. *caripembenarannih*
Nah sekarang w mau ngedeskripsiin temen-temen w di sana. Jadi, di kelas ada sekitar tiga puluan orang. Dari macem-macem daerah, sampe ada yang dari Sulawesi juga. Tapi banyaknya sih orang jawa.

Nah, ada di sana gerombolan lima orang yang sama-sama dari Lamongan. Anak-anak sih julukin mereka LA group. Bukan Los Angeles, but it’s LAmongan. Mereka ngocol abis, bikin perut anak-anak kayak dikocok-kocok buat ketawa. Sampe si misternya pun senyam senyum gegara mereka.
Ada lagi grup namanya Trio Makassar. Mereka betiga orang Makassar dan cantik-cantik. Dandananya tebel-tebel. Bajunya sekseh-sekseh. Famous lah mereka di kelas. Anak-anak lelaki apalagi, mereka kerjaannya ngegodain aja kalo doi lagi presentasi atau ngomong di depan.

Kalo ane di sana deketnya sama satu anak dari Banyuwangi, namanya Chindy. (Dibaca; Sindi.) Dia lumayan asik dan kalo ngobrol sama w nyambung. Kita suka banyak hal yang sama ternyata, kaya jenis buku yang dibaca, dan ngobrolin sesuatu yang sama-sama kita tau. Beberapa kali kita makan siang bareng sambil ngobrolin apakek yang seru. Akhirnya w bisa deket sama orang baru kan?! *gaya* *padahalbiasaaja*

-.-

Ya jadilah begitu w tiap hari bulak balik tempat kursus-rumah abi dianter-jemput sama penghuni rumah. Bisa sama Abi, atau anak-anaknya. Pernah w kepikiran buat cari kots aja daripada bulak balik rumah Abi yang banyak penghuninya dan w rada nggak nyaman. (secara anaknya enem!) W cari tuh tempat kots yang masih ada tempat kosong. Ternyata jarang banget. Sebagian tempat kots udah penuh. Tapi akhirnya w nemu satu tempat kots yang masih ada kuota. W nanya-nanya harga tuh sama ibu kots, terus minta dianter buat liat kamarnya.

Pas w liat tuh kamar, ternyata Cuma ada satu kasur bray. Dan itu kamar buat empat orang. Di sana udah ada satu orang yang pas w buka pintunya lagi tiduran di kasurnya, dia langsung bangkit dan ngehampirin w, terus bilang “What’s wrong?!”

Mukanya jutek gitu, terus dia ngomong sok-sok-an inggris lagi, la w rada sawan. Ilfeel sama kotsannya. Udamah kasur cuma satu, tidur tumpuk-tumpuk, terus temen kamarnya gitu lagi. Ya w langsung pengen cabut lah. Akhirnya karena w ngerasa ga enak sama Si Ibu kots (secara w udah gaya nanya harga), w akhirnya izin dulu buat ke masjid. “Mau solat magrib dulu ya bu,” Si Ibu tanpa curiga mengiyakan dan w langsung meluncur ke jalanan dan telp orang rumah buat jemput w yang gagal jadi anak kots.

-.-
Lo harus tau, di sana, di Kampung Inggris Pare, banyak banget tempat makan murah dengan rasa meriah. Pecah! Ada satu warung makan yang jadi langganan w, soalnya itu tempat pertama yang ditunjukin Kiki pas hari pertama. Namanya ‘Singgahan’. Warung makan murah yang diperuntukan untuk para pelajar susah macem w. Hari pertama w mesen, ayam goreng pake sambel, murah gan. Seporsi 9 rebu, sama estehnya 2 rebu. 11 rebu buat makan siang. Lacoba di sinimah, warung pecel lele pinggir jalan aja harga menunya udah gokil.

Gitulah akhirnya ‘Singgahan’ jadi tempat makan favorit w. besok-besoknya w nggak mesen ayam lagi, inget budget juga, akhirnya menu makan siang w lebih sering pakek telur goreng dipadu sambel goreng istimewa. Berapa seporsi harganya? 5500. Estehnya? 2000. Semuanya? 7500! W pergi ke kasir dan ngasihin uang pas 7500-an dengan sangat ikhlas. Pergi dengan langkah lega soale perut kenyang.

Di kemudian hari, w ngebaso. Namanya Baso Wisnu, deket sama Singgahan. Basonya enak lagi. Berapa harganya? 6000. Lontongnya? 1500. Estehnya? 2000. Semuanya? 9500. W puas makan baso dengan harga segitu!

Singgahan udah, Baso Wisnu udah, akhirnya pada suatu hari, temen w di sana, namanya April dan Tiara ngajakin w buat makan malem. Waktu itu jam setengah enam. W belum dijemput soalnya belum minta. Akhirnya let’s go deh kita ke Warung Jawa. Tempat makan enak. Tempatnya Asik. Dan yang terpenting adalah… the price! Murah bro. w mesen nasi daging aja 9000. Tambah es jeruk nipis 2000. Berapa? 11000. Makan malem w sebelas ribu dengan porsi menawan di meja makan!



-.-

Ada satu tempat yang lo harus tahu. Sebuah Masjid. Masjid istimewa dengan bangunan bersahaja. Namanya masjid ITC. (Islamic Training Center) nggak jauh dari Elfast, tempat kursus ane. W biasa nongkrong di sana abis makan siang di jam istirahat. Soalnya lama banget istirahat siangnya. Dari jam setengah dua belas sampe jam dua siang. Yang ngekots mah enak, pada pulang ke kots-an. Lah w, rumah Abi kan jauh dari sana.

Jadilah akhirnya Masjid ITC jadi tempat berteduh dan berlindung. Setiap adzan dzuhur berkumandang, w langsung ke sana! Solat berjamaah. Nah abis solat, pas masjid udah sepi, baru dah w melancarkan aksi. ((((TIDUR)))). Di balik etalase mukena w merebahkan seluruh penat dan gundah tentang budget w di sana. *yaela* (ngomong2 w gada malunya ya. Bisa aja abis dzuhur masih ada orang yang datang, dan ngeliat w tidak sadarkan diri di tempat umum) omaygat.

-.-

Di hari keenam w disana, tepatnya hari sabtu, diadakanlah agenda. Sebuah tur. Ke candi dan terowongan Surowono. Anak-anak pada kesananya naik kereta odong-odong. Di sana disebutnya ‘Kereta Kelinci’ soale gambar gerbongnya kelinci. Seru euy, udah lama nggak nostalgia gitu T.T
Di sana, Mister Abu (salah satu guru) ngadain ujian prononcation. Abis pada ngerjain, anak-anak cekrak cekrek dah di Candi. Batu dikit cekrek. Cekrek. Cekrek. Lah w juga :p

Nih yang namanya candi surowono.

Abis dari candi, kita menuju terowongannya. Ini jadi kaya terowongan batu, tapi di sungai. Jadi basah semua. Udamah airnya ngucur-ngucur dari dinding terowongan. Kita masuknya kayak kereta barisnya. Soalnya terowongannya sempit banget, gelap lagi. Ada pemandunya di depan satu orang yang bawa senter. Jadi selama perjalanan menyusuri terowongan Surowono ini, ada satu orang, namanya Tiara yang jadi pemimpin aba-aba. “Hati-hati teman-teman banyak batu!” “Hati-hati teman-teman terowongan menyempit!” “Teman-teman jangan belok!” “Hati-hati teman-teman ada
 genderuwo!!!” LAH.

-.-

Menjelang hari-hari terakhir di sana. (program liburan Cuma 10 hari), kebersamaannya makin kerasa. Anak-anak mulai ngerasa akrab satu sama lain. Tawa di kelas makin sering pecah. Sama pas kerja kelompok pun, semua orang kaya keliatan sohib. Kita udah mulai ngerasa nyaman, dan nganggep temen-temen di sana tuh kaya temen sekolah kita. Asik diajak becanda, ngocol, dan ngobrol.

Tapi waktu kaya cepet berlalu, beberapa anak pulang duluan karena ada agenda di rumah mereka masing-masing. Keluarga mereka masing-masing. Kota mereka masing-masing. Sindi juga pulang duluan karena dia ngejar tiket kereta ke Banyuwangi. Entah kapan bisa ketemu lagi T.T Di hari terakhir kelas sepi. Beberapa anak masih tersisa, termasuk w.

Tiba-tiba Trio Makassar maju ke depan, nyampein salam perpisahan, karena mereka mau meluncur ke Surabaya dan terbang ke Makassar, Sulawesi. Mereka sampe nangis-nangis gitu, termehek-mehek, bedaknya keapus, lipstiknya apalagi. Hehe. Tapi itu ngebuat anak laki-laki apalagi LA group bungkam dan mereka semua baper.

Jadilah Trio Makassar dikerubutin cowo-cowo, dan mereka semua minta poto!
Cekrek. Cekrek. Cekrek.
Kemudian w juga pulang di hari selanjutnya. Meninggalkan Kota Kediri dengan banyak pesona. Melesat, menuju Banten tempat berpulang.

cekrek cekrek sama temen-temen. Trio Makassar mau baliik.

-.-

Begitulah pemirsa, Kampung Inggris jadi tempat baru yang ngajarin w banyak hal. Tentang kebebasan menentukan keputusan, memilih teman, pergaulan, dan menyocokan lingkungan.
Kampung Inggris dengan hilir mudik sepedanya. Makanan-makanan murah-meriahnya. Barber shop dengan harga fantastisnya. Serta teman-teman yang tidak kalah empatinya.
Semoga sampai saat ini saya masih ingat, teman-teman di sana.
Ada Sindi dari Banyuwangi. Lulus dari Blitar. Hasni dari Kebumen. LA group dari lamongan. Trio Makassar dari Makassar. Tiara dari Bogor. April dari Nganjuk. Dan teman-teman yang lainnya. Terimakasih!

-.-


Ada sebuah desa kecil di pinggiran kota Kediri.
Desa buatan dengan segala yang dirancang.
Aku ingin di sana.
Kukemas koper dan ransel belajar.
Aku ingin dengar.
Kerincing sepeda di jejalan.
Temanku teman waktu.
Bertemu lalu beku.
Tiket kereta dipesan. Beberapa hilang.
Desaku tidak mati.
Aku ingin kembali

Serang, 21 Januari 2016

***




0 komentar:

Posting Komentar

Ad Banner

Ad Banner
keles

About me

Laman ini,

Biar jadi rumah para gerutu.

Keluhku pada langit abu-abu.